Waktu Sekarang

23 Juni 2024 18:48

Dusun Druju Desa Tlogorejo Gelar Kirab Budaya dan Karnaval Memperingati HUT RI Ke-78

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

matarajawali.net -Kab.Malang; Muspika Kecamatan Pagak turut hadir dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78 dengan menghadiri Kirab Budaya dan Karnaval yang diadakan di Dusun Druju Desa Tlogorejo pada Selasa (22/08/2023).

Kirab Budaya dan Karnaval ini menjadi bagian dari rangkaian peringatan HUT RI yang diikuti oleh warga masyarakat Desa Tlogorejo dengan penuh semangat.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Camat Pagak Sugeng M.M, Kades Tlogorejo Eko Wahyudi, Kapolsek Pagak AKP Supriyono, Babinsa Desa Tlogorejo Serda Imam Hadi, serta Babhinkamtibmas Polsek Pagak Briptu Alma yang turut hadir untuk memberikan dukungan dan apresiasi kepada masyarakat Desa Tlogorejo.

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala Desa Telogorejo Eko Wahyudi menyampaikan rasa syukur dan ketakwaan kepada Yang Maha Kuasa, karena Karnaval bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-78. Ia menekankan pentingnya warisan budaya dan persatuan, serta menggarisbawahi keberhasilan dan keamanan pelaksanaan acara tersebut.

Kepala Desa Tlogorejo Eko Wahyudi menyebutkan bahwa karnaval di Desa Tlogorejo akan dibagi dua tahap. Karnaval tahap pertama pada (22/08) di ikuti oleh 1400 peserta dan untuk tahap kedua akan dilaksanakan pada tanggal 29/08/2023 yang akan diikuti peserta sebanyak 2600an.

“Gelaran karnaval di Desa Tlogorejo kita bagi menjadi dua tahap. Karena dari pengalaman tahun kemarin saat menggelar karnaval, durasi waktunya sampai pagi. Jadi untuk mensiasati durasi waktu, tahun ini kita membagi karnaval menjadi dua tahap dikarenakan untuk mengatasi durasi waktu.” ungkapnya

Eko Wahyudi menjelaskan bahwa Karnaval pada tahap pertama di ikuti 1460 peserta, sedangkan untuk tahap kedua akan di ikuti 2400 peserta yang akan mengambil tema perjuangan.

“Untuk mempertahankan kebudayaan lokal dan kearifan lokal, kita akan mengangkat kearifan budaya lokal Indonesia. Serta utamanya untuk mengangkat perekonomian warga Desa Tlogorejo.” ujarnya

Sesuai dengan semboyan Desa Tlogorejo, Guyub rukun mbangun Desa Tlogorejo lebih makmur lebih maju. Kepala Desa ingin masyarakat saling bahu-membahu membangun desa bersama-sama.

“Harapan kita, Desa Tlogorejo lebih maju, lebih aman, guyub rukun dan kedepan perekonomian warga semakin meningkat dengan adanya kegiatan seperti ini.” pungkasnya

Dalam suasana penuh kegembiraan, warga Desa Tlogorejo berpartisipasi dalam kirab budaya dengan mengenakan pakaian adat serta membawa berbagai atribut budaya yang merefleksikan kekayaan budaya Indonesia. Karnaval yang diikuti oleh berbagai kelompok juga menampilkan atraksi dan pertunjukan yang meriah, semakin memeriahkan peringatan HUT RI ke-78 ini.
(ADT)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 10 bulan Yang Lalu
Berita Serupa