Waktu Sekarang

24 Juni 2024 01:19

Meriahnya Karnaval Budaya Desa Sukopuro Jabung, Tampilkan Budaya Nusantara

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Matarajawali.net – KabupatenMalang; Pemerintah Desa (Pemdes) Sukopuro, Kecamatan Jabung Kabupaten Malang menggelar karnaval budaya dengan semarak dan meriah pada , Sabtu (30/9/2023)

Karnaval budaya dalam rangka peringatan HUT RI ke 78 dan bersih desa ini mendapat sambutan uar biasa dari warga masyarakat Desa Sukopuro dan sekitarnya.

Diiikuti 24 peserta dengan menampilkan suguhan ragam budaya kearifan lokal yang menarik dari para peserta yang notabene warga sekitar, baik dari instansi pemerintah, lembaga pendidikan dan masyarakat umum tampak begitu semangat mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala Desa Sukopuro, Tohari disela-sela kegiatan bahwa dirinya mengatakan pawai karnaval budaya ini dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 78 sekaligus rangkaian acara peringatan bersih Desa Sukopuro.

“Kegiatan karnaval ini diharapkan digelar di setiap tahunnya untuk menghormati jasa para pahlawan kemerdekaan. Kami menghimbau kepada masyarakat yang melihat kegiatan ini supaya menjaga jarak supaya tertib biar kreasi dan kreatifitas para peserta terlihat” ungkapnya.

Selain itu menurut Kepala Desa Sukopuro jika kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar sehingga perekonomian berputar kembali terutama pelaku UMKM warga sekitar.

“Harapannya setidaknya dengan kegiatan ini dapat membantu meningkatkan perekonomian warga masyarakat di Desa Sukopuro. Semoga kegiatannya aman, dan lancar. Selain kegiatannya aman yang di untungkan bukan pemerintahnya dulu, tapi juga perekonomian warga bisa meningkat.” kata Tohari.

Kepala Desa Sukopuro juga menyampaikan permintaan maaf kepada para pengguna jalan atas ketidak nyamanan sehingga arus lalulintas terpaksa dialihkan supaya kegiatan tersebut lancar sesuai harapan bersama.

“Selain itu saya juga berterima kasih kepada seluruh panitia pelaksana, dimana selama kegiatan ini selalu berkomunikasi baik dengan pemerintah desa, kecamatan dan pihak keamanan (Polsek dan Koramil) setempat guna kelancaran acara ini” tegasnya.

Sementara itu Kapolsek Jabung, IPTU Suyanto menyampaikan jika dirinya bersama Muspika Jabung sangat mendukung kegiatan ini. Karena ini menunjukkan bahwa sebagai warga negara Indonesia agar selalu menghormati jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Yang perlu dipertahankan yakni memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme yang perlu ditanamkan kepada seluruh masyarakat Indonesia.” ucapnya

Kapolsek Jabung pun mengapresiasi jalannya karnaval Desa Sukopuro yang berlangsung dengan tertib dan lancar hingga acara selesai.

“Saya berterimakasih kepada seluruh warga Desa Sukopuro karena tetap menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat, sehingga terwujud suasana yang aman dan kondusif hingga acara selesai” pungkasnya(och)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 9 bulan Yang Lalu
Berita Serupa