Waktu Sekarang

21 Juni 2024 20:47

Polres Malang Lakukan Pengecekan Senjata Api Dinas Genggam dan Amunisi Personel

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

matarajawali.net–Kab.Malang; Polres Malang menggelar pengecekan menyeluruh terhadap senjata api dinas genggam dan amunisi yang dimiliki oleh seluruh personelnya. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk memastikan keselamatan dan keamanan dalam penanganan senjata api di lingkungan kepolisian.

Pengecekan dilaksanakan di halaman Mapolres Malang, Kamis (3/8/2023) pada pukul 09.00 pagi. Seluruh personel dari berbagai unit seperti Reserse, Sabhara, Lantas, Intelkam, serta Polsek jajaran turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Kasi Humas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik menyatakan bahwa pengecekan ini bertujuan untuk memastikan semua personel yang memiliki senjata api dinas telah mematuhi prosedur penggunaan, serta memverifikasi ketersediaan dan kelengkapan amunisi secara tepat dan sesuai peraturan.

Proses pengecekan ini melibatkan tim internal yang terdiri dari personel senior Polres Malang dan Si Propam (Profesi dan Pengamanan), untuk menilai dan mengaudit penggunaan senjata api dan amunisinya. Selain itu, pengawasan juga dilakukan untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas proses pengecekan.

“Pengecekan ini merupakan bagian dari langkah kita untuk memastikan bahwa seluruh personel yang menguasai senjata api dinas genggam telah memahami tata cara penggunaan dengan benar dan bertanggung jawab atas amunisi yang dimiliki. Keamanan dan keselamatan kita bersama adalah prioritas utama,” kata Iptu Taufik saat dikonfirmasi di Polres Malang, Kamis (3/8).

Selama operasi pengecekan, lanjut Taufik, para personel diminta untuk menunjukkan senjata api dan amunisi yang mereka miliki. Setiap senjata api diinspeksi secara seksama untuk memastikan kondisi fisik yang baik dan kelengkapan perlengkapan yang diperlukan.

Selain itu, para personel juga diberikan edukasi mengenai tata cara penggunaan dan perawatan senjata api dengan aman dan profesional. Pengecekan ini juga merupakan langkah preventif untuk mencegah kecelakaan atau penyalahgunaan senjata api yang dapat membahayakan keselamatan baik bagi personel sendiri maupun masyarakat.

“Pimpinan menekankan pentingnya tanggung jawab dan disiplin bagi setiap personel dalam menggunakan senjata api dinas genggam beserta amunisinya,” ungkapnya.

Kepolisian menyebut, operasi pengecekan senjata api dan amunisi ini akan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh Polres Malang guna menjaga disiplin dan kesadaran personel dalam menghadapi tanggung jawab besar sebagai aparat kepolisian. Seluruh anggota diimbau untuk selalu mematuhi prosedur dan etika dalam penggunaan senjata api demi terciptanya keamanan dan kepercayaan masyarakat terhadap polisi.

Dengan dilaksanakannya pengecekan rutin seperti ini, diharapkan potensi risiko penyalahgunaan senjata api dapat diminimalisir dan meningkatkan profesionalitas anggota Polres Malang dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

“Harapannya dengan dilakukannya pengecekan secara berkala dapat mencegah potensi penyalahgunaan dan menjamin keselamatan masyarakat serta kepercayaan terhadap institusi kepolisian,” pungkasnya.(ADT)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 11 bulan Yang Lalu
Berita Serupa