Waktu Sekarang

21 Juni 2024 21:46

Polres Malang Gelar Bhakti Negeri, Bersihkan Sampah Serentak Bersama Polri

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Matarajawali.net-Kab.Malang; Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, melakukan aksi peduli lingkungan dengan membersihkan saluran air dan bantaran sungai yang tersumbat sampah. Gotong royong dilakukan bersama sejumlah elemen masyarakat di sejumlah wilayah Kabupaten Malang, Kamis (13/7/2023).

Wakapolres Malang Wisnu S Kuncoro mengatakan, kegiatan bersih-bersih sampah ini dilakukan oleh ratusan personel kepolisian dari Polres Malang berkolaborasi dengan komunitas dan masyarakat. Selain itu, bakti lingkungan juga dilaksanakan seluruh Polsek jajaran bersama Muspika dan warga setempat.

“Kegiatan kita hari ini kita membersihkan seluruh lingkungan-lingkungan di sekitaran kita, di Kabupaten Malang ada 30 Polsek, semua melaksanakan,” kata Kompol Wisnu saat ditemui di Polres Malang, Kamis (13/7/2023).

Wakapolres menambahkan, untuk tingkat Polres, bakti lingkungan dengan tema “Membersihkan Sampah Serentak Bersama Polri” dilakukan di aliran sungai Desa Mangunrejo, Kecamatan Kepanjen. Ratusan personel Polres dibantu element masyarakat seperti Senkom, Banser, Linmas, serta warga Desa Mangunrejo, bahu membahu membersihkan saluran air dari tumpukan sampah.

Nampak, sampah-sampah yang terjebak di saluran air dipungut lalu dimasukkan ke dalam kantong plastic, setelah terkumpul kemudian diangkut dengan menggunakan truk sampah untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir. Sebagian peserta juga membakar sampah kering yang ditemukan di sisi aliran dam persawahan.

“Banyak sumbatan maupun sampah yang ada di sungai, terlebih airnya digunakan untuk pengairan sawah, tentunya akan lebih efektif jika saluran air tidak ada kendala,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik mengatakan, aksi bersih lingkungan yang dilakukan Polres Malang dengan melibatkan beberapa element masyarakat merupakan kegiatan positif karena berdampak bagi kebersihan lingkungan dan juga masyarakat.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menimbulkan kesadaran yang tinggi kepada masyarakat agar lebih peduli lagi akan kebersihan lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Dikatakan Taufik, ada banyak apresiasi dari warga masyarakat atas pelaksanaan kegiatan pembersihan sampah secara serentak ini. Pihaknya berharap kegiatan bakti lingkungan dapat terus dilakukan guna menanamkan rasa kepedulian yang tinggi terhadap kebersihan lingkungan. Sehingga akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

“Semoga ini menjadi berkelanjutan sehingga lingkungan menjadi bersih. Tentunya dapat mencegah terjadinya banjir maupun terhindar dari penyakit,” pungkasnya. (AS-hms)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 11 bulan Yang Lalu
Berita Serupa