Waktu Sekarang

24 Juni 2024 11:25

Gelar Pleno, KPU Kota Malang Tetapkan DPT Pemilu Tahun 2024

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Matarajawali.net- Kota Malang; KPU Kota Malang menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetep (DPT) tingkat Kota Malang pemilihan umum tahun 2024 di Hotel Atria Kota Malang, rabu (21/06/2023).

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas menjelaskan bahwa, tahun ini terdapat 651.758 jumlah pemilih aktif atau DPT di Kota Malang. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari Pemilu 2019, yakni 622 ribu pemilih.

“Ada peningkatan data pemilih tetap dari tahun 2019 sampai sekarang. Kalau sekarang kan sudah sekitar 651 ribu orang,” ungkapnya.

Penambahan data tersebut salah satunya dipengaruhi dari jumlah pemilih baru yakni 513 jiwa. Termasuk jumlah Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) non E-KTP yang mencapai 6.066 jiwa.

“Mereka kan sudah terdata, kemudian dimutakhirkan dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) juga didata door to door yang bahannya dari Kemendagri. Sampai diketahui jumlah potensial non E-KTP itu masuk,” jelas Aminah.

Menurutnya, KPU Kota Malang berupaya meningkatkan kualitas DPT dengan melakukan proses tahapan verifikasi yang ketat. Kerjasama antara KPU dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Malang yang baik, sehingga data verifikasi Dukcapil bisa menjadi acuan penetapan DPT yang akurat.

“Jadi yang disahkan itu kan sesuai dengan data verifikasi dan itu sudah melalui pihak-pihak yang berkompeten. Seperti NIK ganda dan sebagainya itu sudah kita verifikasi bersama Dukcapil. Sehingga yang kami tampilkan hari ini sudah melalui prosedur sedemikian rupa.”jelasnya.

Dalam pemilu 2024, KPU sebagai penyelenggara pemilu berharap ada peningkatan partisipasi pemilih.

“Kalau pengalaman sebelumnya di pemilu 2019, Kota Malang sudah 81%, jadi kami targetnya diatas target nasional. Kami gencar untuk mensosialisasikan pemilu apalagi tahun ini ada peningkatan data.”pungkasnya

Sebagai informasi, bahwa Kota Malang sendiri terdapat 2.452 TPS dari 5 daerah pemilihan. Blimbing ada 537 TPS, Klojen 281 TPS, Kedungkandang 583 TPS, Sukun 573 TPS, dan Lowokwaru 478 TPS. (ADT)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 10:24
Berita Serupa