Waktu Sekarang

21 Juni 2024 22:10

Ribuan Orang Kunjungi Event Iki Malang Ker!, UMKM Berharap Rutin Digelar

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Matarajawali-kota Malang; Pelaku Usaha Kecil Menengah ( UKM ) dan Industri Kecil Menengah ( IKM ) layangkan upacan terima kasih kepada panitia penyelenggara gelaran Iki Malang Ker , yang dihelat selama 2 hari ( 10-11 Juni 2023), di sepanjang Jalan Kertanegara , Kota Malang.

Ucapan terima kasih tersebut, disampaikan secara langsung kepada Ketua Pelaksana Iki Malang Ker! sekaligus Ketua DPD IKM-UKM Nusantara Kota Malang, Ciciel Sri Rezeki. Pasalnya para pelaku UMKM dan IKM merasa terbantukan dengan adanya event yang dihelat.

“Saya melihat para pelaku UMKM dan IKM merasa senang dengan adanya event semacam ini. Bahkan panitia diajak makan bersama dan diberi dagangannya secara cuma – cuma, sebagai bentuk ucapan terima kasihnya. Karena menurut mereka, panitia penyelenggara punya andil besar dengan mendatangkan banyak orang untuk berbelanja.” ungkapnya,Sabtu 10 Juni 2023.

Penyelenggaraan event Iki Malang Ker ! melibatkan 70 tenan, terdiri dari 50 tenan untuk pelaku UMKM dari berbagai komunitas. Kemudian 20 tenan untuk PKL ( Pedagang Kaki Lima ). Untuk biaya yang dikeluarkan tiap tenan UMKM selama 2 hari sebesar Rp. 600.000,-. Sedangkan PKL dikoordinir ketua paguyupannya.

Hari pertama penyelenggaraannya, Panitia Iki Malang Ker ! sudah menggunakan sistem ceklok bagi pengunjung. Bahkan dari laporan yang masuk ada sekitar 1500 lebih pengunjung yang hadir.

“Tadi sudah mulai kita pakai ceklok untuk mengetahui jumlah pengunjung. Bahkan panitia sudah langsung melaporkan. Alhamdulillah antusias masyarakat luar biasa, hari pertama ada sekitar 1500 orang lebih pengunjung,” ungkap Ciciel.

Lebih lanjutnya, Kedepan dirinya akan membuat gelaran dan judul yang sama. Tetap mengedepankan UMKM , tujuan untuk mengangkat pelaku – pelaku UMKM itu. Selain itu , pihaknya berkomitmen melibatkan talent – talent asli Malang , secara merata. Rencananya event Iki Malang Ker ! Akan rutin digelar tiap tahunnya.

“Kalau melihat antusias pengunjung yang berbelanja, kemungkinan event ini akan menjadi agenda rutin tahunan. Tentu dengan tajuk yang sama, dengan tetap mengedepankan UMKM. Selain itu melibatkan talent – talent asli Malang,” imbunhya.

Dikesempatan yang sama salah satu penggagas gelaran Iki Malang Ker ! , Indra Setiadi berharap , Selama tidak menganggu arus lalu lintas dan aktivitas pengguna jalan. Pemerintah daerah maupun Dinas terkait harus mendukung program- program UMKM.

“Dengan perhelatan Iki Malang Ker yang mengundang keramaian. Ada sirkulasi keuangan dan perputaran ekonomi masyarakat. Jadi pola pendukung UMKM seperti itu,”ujar, Pria yang juga pemilik Rumah Makan Kertanegara ini.

Menurutnya , Kalau pelaku UMKM berkeinginan menjual produknya tanpa adanya keramaian, tentu pendapatan akan kurang maksimal. Sedangkan sewa tempat terlalu mahal.

“Mohon dukungan semua lapisan masyarakat maupun dinas terkait, untuk bersama – sama mendukung bangkitnya UMKM,”pungkasnya.(ADT)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 16:58
Berita Serupa