Waktu Sekarang

21 Juni 2024 20:24

DPD UKM-IKM Nusantara Gelar Event “Iki Malang Ker!” Selama Dua Hari

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Matarajawali-Malang; Event “Iki Malang Ker!” yang menggabungkan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) dengan Seni budaya diselenggarakan oleh DPC UKM-IKM Nusantara Kota Malang yang akan berlangsung selama dua hari (10–11 Juni 2023) di sepanjang jl.Kertanegara Kota Malang.

Event “Iki Malang Ker!” menyajikan berbagai macam kuliner khas Kota Malang dan bazar produk UMKM. Pengunjung juga dapat menikmati hiburan seni dan budaya seperti Ludruk, Flashmob Tari Topeng, Barongsai, dan Senam Kebaya. Tak hanya itu, agar semakin meriah akan ada penampilan dari berbagai grup musik kontemporer dan kompetisi cosplay.

Kegiatan ini turut dihadiri anggota Komisi XI DPR RI Andreas Eddy Susetyo, Dirut Jatim Park (JTP) Group Suryo Widodo, serta owner Rumah Makan Kartanegara Indra Setiyadi.

Ketua Pelaksana Iki Malang Ker! sekaligus Ketua DPD UKM-IKM Nusantara Kota Malang, Ciciel Sri Rejeki mengaku bersyukur atas terlaksananya acara ini.

“Alhamdulilah, hari ini kita dapat melaksanakan acara ini dengan lancar. Ini adalah keinginan dari UKM IKM untuk berkolaborasi dengan seni budaya,” ucapnya, Sabtu (10/6/2023).

Asisten 3 Kota Malang, Sri Winarni yang hadir mewakili Walikota, menegaskan bahwa Pemkot Malang akan selalu memperhatikan UKM IKM.

“Atas nama Pemerintah Kota Malang, saya menyampaikan bahwa kami akan senantiasa mengutamakan UKM IKM sekaligus melestarikan seni budaya. Sehingga berdampak secara sosial ekonomi terhadap pelaku UKM IKM serta pelaku seni di Kota Malang,” tuturnya.

Di samping itu, pihaknya juga menyebut bahwa MCC adalah sebuah sarana yang disediakan Pemkot Malang, untuk menjadi media sinergi yang baik antara UKM dan pemerintah. Sehingga dapat mewujudkan daya tarik daerah untuk kesejahteraan pelaku UKM itu sendiri.

“Sekarang kan ada MCC (Malang Creative Center). Fasilitas tersebut tentu dapat dimanfaatkan, dan diharapkan mampu menjadi ajang promosi untuk mengenalkan dan memasarkan produk masing-masing,” tambah Sri.

Sementara itu, anggota Fraksi PDIP DPR RI Andreas Eddy Susetyo mengatakan bahwa UMKM adalah salah satu andalan pemerintah dalam memajukan perekonomian rakyat.

“Pemerintah memberikan kemudahan perizinan dan pemodalan seperti KUR dengan subsidi bunga yang besar. Selain itu akses 40 persen APBD juga dialokasikan untuk UMKM,” jelasnya.(ADT)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 16:53
Berita Serupa