Waktu Sekarang

21 Juni 2024 21:36

Peringati 115 Tahun Hari Kebangkitan Nasional, Kapolres Batu Pimpin Upacara Bendera

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Matarajawali.net – Batu; Dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional yang ke 115 Tahun, Polres Batu menggelar Upacara Bendera bertempat di Lapangan Apel Polres Batu, Senin (22/5/2023).

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. memimpin langsung pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional yang ke – 115 Tahun 2023. Adapun yang hadir PJU Polres Batu, Kapolsek Jajaran Polres Batu, Perwira, Bintara dan PNS Polres Batu.

Dalam kesempatannya, Kapolres Batu membacakan amanat dari Menkominfo RI bahwa Seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala, hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

Didirikan oleh dr. Soetomo bersama para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA), Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu. Di samping itu, Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan. Di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak – mengobarkan api “Semangat Untuk Bangkit!” demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Tema peringatan hari Kebangkitan Nasional tahun ini adalah Semangat Untuk Bangkit, tema ini dipilih agar Harkitnas dapat melambangkan nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju masa depan Indonesia yang lebih baik,” jelas AKBP Oskar.

“Tujuan peringatan 115 tahun kebangkitan nasional Tahun 2023 adalah untuk terus semangat dalam memelihara menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam persatuan dan pembangunan menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutup Kapolres Batu.(Ocha

No Tag
Matarajawali
Di Post : 14:15
Berita Serupa