Waktu Sekarang

24 Juni 2024 11:27

Triwulan 1 Terlaksana, Pemkot Batu Gelar Rakor Optimalisasi Kinerja Perangkat Daerah

Kategori : ,

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Matarajawali.net-KotaBatu; Memasuki bulan mei, Pemerintah Kota Batu menggelar Rapat Koordinasi Optimalisasi Kinerja Perangkat Daerah Triwulan I, di Hotel Golden Tulip, Kota Batu, Kamis (11/05).

Rapat koordinasi ini bertujuan untuk memonitoring dan mengevaluasi capaian kinerja perangkat daerah pada Triwulan I (Januari-Maret) tahun 2023. Beberapa aspek yang akan dievaluasi diantaranya realisasi capaian kinerja, serapan belanja terhadap anggaran kas, kemajuan pelaksanaan program dan inovasi yang diusulkan.

Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengatakan, rakor ini menjadi momentum penting bagi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengevaluasi kinerja di masing-masing organisasinya.

“Kita berharap dari rakor ini ada tindak lanjut dari setiap OPD untuk mengevaluasi, sehingga kita bisa melihat progress (kemajuan) terhadap program-program yang sudah direncanakan,” kata Aries.

Sementara itu, Dirjen1 Bina Keuangan Daerah Kemendagri Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si, mengatakan, salah satu penyebab realisasi anggaran yang tidak sesuai di beberapa daerah adalah kurangnya monitoring dan evaluasi. Oleh karena itu, rakor ini menjadi penting dan hasil dari evaluasi harus ditindak lanjuti agar dapat memenuhi target.

“Kinerja yang baik dapat terjadi karena kepala daerah memiliki komitmen dalam memberikan arahan kepada sekretaris daerah, dan kepala organisasi perangkat daerahnya. Salah satu hal yang paling penting adalah semua bisa memahami aturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Fatoni.

Selain monitoring dan evaluasi, menurut Fatoni, juga perlu adanya inovasi dalam melaksanakan setiap program kerja. Tidak harus menggunakan media digital, tapi bagaimana inovasi tersebut bisa diaplikasikan dan berdampak bagi banyak orang.(Ocha)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 21:05
Berita Serupa