Waktu Sekarang

24 Juni 2024 11:07

Kadin Jatim Gelar Pelatihan Pendidikan Vokasi Untuk Tingkatkan Kompetensi Konsultan

Kategori : ,

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Matarajawali.net- Kota Batu; Upaya Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur untuk melaksanakan amanah Perpres 68/2022 tentang Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi, terus dimaksimalkan. Karena itu, Kadin Jatim bersama Kadin Kota Batu menggelar Pelatihan Konsultan Vokasi di Hotel Horizon, Jalan Trunojoyo, Kota Batu, Rabu (10/05). Kegiatan ini juga didukung oleh IHK Trier Jerman.

Ketua Kadin Kota Batu, Endro Wahyu Wijoyono, mengatakan, persaingan bisnis dan tenaga kerja saat ini telah mengalami perkembangan. Dibutuhkan ketrampilan kerja yang benar-benar special untuk memenuhi kebutuhan industri.

“Pelatihan ini diikuti oleh pelatih dan konsultan yang ada di Kota Batu dan Kabupaten Malang. Harapannya, nanti konsultan ini bisa mendampingi industri dalam mengharmonisasikan apa yang dibutuhkan industri dengan dunia pendidikan,” kata Endro.

Senada dengan Endro, Ketua Umum Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto, melihat Kota Batu memiliki banyak potensi industri. Terutama dalam bidang perhotelan dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang perlu dikembangkan.

“Di Kota Batu dan Malang Raya ini banyak sekali industri perhotelan. Adanya pelatihan ini, kami fokus terhadap pendidikan vokasi. Sehingga nanti SDM yang ada, ketika masuk dunia kerja, bisa memiliki kemampuan sesuai yang dibutuhkan industri,” kata Adik.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, memberikan apresiasi atas digelarnya pelatihan di Kota Batu ini. Ia berharap, skill (kemampuan) SDM di Kota Batu bisa meningkat dan mengurangi angka pengangguran.

“Kebutuhan tenaga kerja dengan skill yang dibutuhkan saat ini masih sangat minim. SDM di Kota Batu ini mungkin banyak, tetapi belum banyak yang memiliki skill yang dibutuhkan dunia kerja saat ini,” kata Aries.

Harapannya, dengan pelatihan ini, masyarakat yang akan masuk dunia kerja bisa terbantu, dan masyarakat yang berada di taraf pengangguran bisa bangkit dan termotivasi.
(Aril)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 22:51
Berita Serupa