Waktu Sekarang

21 Juni 2024 22:07

Update Okupansi Angkutan Lebaran Hari ke-13 Daop 8 Surabaya

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Matarajawali.net-surabaya; Di Daop 8 Surabaya, berdasarkan data pukul 11.00 WIB, jumlah kedatangan penumpang hari ini Rabu (26/4), sebanyak 26.914, terdiri dari Stasiun Surabaya Gubeng 9.316, Stasiun Surabaya Pasarturi 7.628, Stasiun Malang 4.401, dan selebihnya dari stasiun wilayah Daop 8 lainnya.

Sementara itu, jumlah penumpang yang naik dari Daop 8 Surabaya tercatat sebanyak 17.617 penumpang. Terdiri dari Stasiun Surabaya Gubeng 4.594, Stasiun Surabaya Pasarturi 4.816, Stasiun Malang 2.616, dan selebihnya dari stasiun keberangkatan wilayah Daop 8 lainnya.

Dibanding tahun 2022, okupansi penumpang yang menggunakan KA di Daop 8 Surabaya meningkat 75.000 atau meningkat 38%, pada periode yang sama (H-8 s/d H+3). KAI Daop 8 Surabaya mencatat mulai 14 April hingga hari ini, 268.413 penumpang telah berangkat dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya. Sementara sebanyak 254.038 penumpang tiba di Stasiun wilayah Daop 8 Surabaya.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan, transportasi kereta api masih menjadi favorit masyakarat, dengan berbagai keunggulan salah satunya ketepatan waktu, lokasi stasiun yang strategis, kenyamanan di stasiun maupun diatas KA, dan lain sebagainya.

Lebih lanjut, bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan KA, dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi KAI Access ataupun mitra resmi lainnya. Namun, jika tanggal favorit yang diinginkan tidak ada, bisa menggunakan fitur connecting train yang terdapat pada aplikasi KAI Access, atau memilih tanggal alternatif lain. “Sesuai arahan pemerintah yang mengimbau untuk menunda balik, hal ini menjadi berkah tersendiri agar bisa bertemu dengan keluarga lebih lama, dan KAI akan selalu siap melayani penumpang,” terangnya, Rabu (26/4/2023)

Pada masa angkutan lebaran 2023, para penumpang KA selalu membawa barang bawaan yang terkadang cukup merepotkan penumpang ketika akan menuju KA. Para calon penumpang dapat meminta bantuan kepada porter stasiun yang selalu ada di setiap sisi stasiun. Mereka tidak hanya akan mengantarkan barang hingga kursi diatas KA, namun juga mengetahui informasi yang dibutuhkan oleh penumpang. “Porter di beberapa stasiun akan siap membantu para penumpang membawakan barang hingga kursi diatas KA, selain itu mereka juga siap memberikan informasi jam keberangkatan KA, KA berada dijalur mana, dan sebagainya,” terangnya.

Selain porter stasiun, KAI Daop 8 surabaya pada masa angkutan lebaran ini juga menyiagakan beberapa petugas tambahan, mulai dari posko oleh pegawai kantor KAI, petugas Costumer Service Mobile (CSM), relawan Satgas Pramuka, hingga relawan Komunitas railfans. Sementara itu, terkait keamanan stasiun KAI Daop 8 dibantu oleh TNI/Polri, serta petugas Dishub yang berpatroli.

“KAI Daop 8 Surabaya akan terus mengutamakan kenyamanan para penumpang selama masa angkutan lebaran dengan menyiagakan petugas tambahan maupun dukungan dari instansi lain,” ucap Luqman.

Namun demikian, KAI mengimbau kepada seluruh calon penumpang KA untuk tetap memperhatikan dan menjaga barang bawaan agar jangan sampai tertukar ataupun tertinggal. Perhatikan juga barang yang diperbolehkan untuk dibawa oleh penumpang beserta ukurannya. KAI juga menyediakan fasilitas troli di beberapa stasiun keberangkatan, serta fasilitias pendukung lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh penumpang.(ila/ad)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 23:03
Berita Serupa