Waktu Sekarang

24 Juni 2024 10:26

Gubernur Khofifah dan Wagub Emil Ikuti Salat Tarawih Perdana di Masjid Raya Islamic Centre Jawa Timur

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Foto: Gubernur khofifah memberikan sambutan saat teraweh pertama di Masjid Raya Islamic Centre Surabaya

Matarajawali.net-Jatim; Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melaksanakan salat tarawih pertamanya pada Ramadan 1444 H di Masjid Raya Islamic Centre Jatim, yang berada di Jl. Raya Dukuh Kupang No. 122-124, Surabaya, Rabu (22/3/2023) malam.

Pelaksanaan salat tarawih ini sekaligus menjadi yang pertama kalinya digelar di Masjid Raya Islamic Centre Jatim usai diresmikan langsung oleh Gubernur Khofifah pada 18 Maret 2023 lalu.

Salat tarawih tersebut juga diikuti oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, para Kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim dan ribuan jamaah yang berasal dari sekitar masjid raya.

Melihat kondisi masjid yang baru beroperasi tersebut, Gubernur Khofifah pun memuji segala kesiapan fasilitas yang disediakan untuk kenyamanan para jamaah dalam beribadah.

“Hari ini kita pertama kali melaksanakan salat tarawih di Masjid Raya Islamic Centre. Masjid ini belum sempurna betul, tetapi untuk difungsikan sebagai tempat layanan ibadah, Insya Allah sudah cukup. sound system nya cukup, listriknya cukup, airnya cukup,” ungkap Gubernur Khofifah.

“Mohon sampaikan kepada seluruh masyarakat di sekitar Islamic Centre ini bahwa ada Masjid Raya baru yang sudah melaksanakan fungsi kemasjidan dan fungsi masjid lainnya. Monggo dimaksimalkan pemakmurannya,” ajak Khofifah.

Selanjutnya, Gubernur Khofifah juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berbondong-bondong meramaikan, memakmurkan dan turut serta mendukung penyempurnaan interior Masjid Raya Islamic Centre.

Untuk itu, Gubernur Khofifah secara khusus telah meminta Wagub Emil Dardak untuk menjadi koordinator dalam berbagai festival desain interior masjid, seperti kaligrafi maupun bentuk lainnya.

“Kita ajak seluruh elemen masyarakat utamanya para pakar dari perguruan tinggi untuk ikut menyempurnakan desain interior masjid ini,” tutur Gubernur Khofifah.

Menurutnya, melalui kolaborasi dan kesempatan luas yang diberikan, harapan besarnya adalah selain bisa melaksanakan ibadah dengan baik, masyarakat juga bisa menikmati indahnya masjid dengan berbagai desain kaligrafi yang indah dan penuh makna. Secara arsitektur masjid ini cukup ikonik hasil besutan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sekarang kita maksimalkan pemakmurannya sambil kita perindah desain interiornya.

“Nantinya masjid ini juga akan menjadi penguat perjalanan kita dalam proses memakmurkan masjid dan jamaahnya,” ucapnya.

Selain itu, di momen awal puasa, Gubernur Khofifah juga kembali mengingatkan para pedagang makanan, agar menyesuaikan dengan surat edaran yang telah diterbitkan.

“Bagi para pedagang makanan silahkan tetap mengoperasikan warungnya namun ditutup tirai untuk pagi dan sore. Mari kita bersama-sama menghormati yang tengah berpuasa,” jelas Gubernur Khofifah.

Sementara untuk tempat hiburan malam, Gubernur Khofifah secara tegas meminta untuk bisa ditutup selama bulan Ramadan.

Di akhir, tak lupa Gubernur Khofifah mengucapkan selamat menyambut dan menunaikan ibadah di bulan Ramadhan 1444 H bagi seluruh masyarakat yang menjalankan.

“Mudah-mudahan kita semua diberi kekuatan di bulan Ramadhan, puasanya, tarawihnya, tadarusnya mudah-mudahan bisa kita sempurnakan. Serta mudah-mudahan kita bisa bertemu Lailatul Qodar,” pungkas Gubernur Khofifah.

Seusai sholat tarawih, Gubernur Khofifah juga menyempatkan diri bersilaturahmi serta berfoto bersama dengan para jamaah perempuan.

Dalam ibadah salat tarawih hari pertama di Masjid Raya Islamic Centre ini, diketahui yang bertugas sebagai Imam shalat adalah Ust. Thobib Dzikrulhasan. Sedangkan bertugas sebagai pengisi ceramah adalah H. Ahmad Munawwar Khusin.(ila/ad)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 22:06
Berita Serupa