Waktu Sekarang

21 Juni 2024 21:37

Jawa Timur jadi Lokasi Pemantauan Hilal Terbanyak di Indonesia

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Foto: Gubernur Khofifah ketika melihat bulan ingin memastikan Bulan Suci Ramadhan sudah tiba

Matarajawali.net-Jatim: Memasuki Ramadhan 2023, Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar Sidang Isbat (Penetapan) 1 Ramadhan 1444H di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI Jakarta, Rabu (22/3/2023).

Untuk memperkuat hasil penetapan, tercatat 124 lokasi titik pemantauan hilal yang tersebar di seluruh penjuru tanah air, dan 27 titik di antaranya terdapat di wilayah Jawa Timur.

Menanggapi hal ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan jika ini menjadi bukti semangat dan antusiasme warga, pakar dan ahli ilmu falakiyah Jatim, dalam menyambut dan memastikan masuknya bulan suci Ramadhan.

Untuk itu dia pun mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat yang sudah melakukan Rukyatul Hilal, khususnya yang mengambil posisi di JawaTimur.

“Ini menandakan antusiasme dan keguyuban masyarakat dalam menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Rabu (22/3/2023).

Titik pemantauan itu tersebar di seluruh penjuru Jawa Timur. Mulai dari tempat ibadah, sekolah, perkantoran, hingga tempat wisata. Beberapa lokasi yang digunakan di antaranya Pantai Srau, Masjid Al Hikmah Puger, Pantai Wotgalih, POB Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, hingga Observatorium Jokotole IAIN Madura Pamekasan

Berdasar hasil rukyatul hilal diperoleh informasi jika bulan Ramadhan jatuh pada hari Kamis (22/3/2023). Hal itu berdasarkan dari kesepakatan dalam sidang Isbat 1 Ramadhan 1444 Hijriah.(ila/ad)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 22:23
Berita Serupa