Waktu Sekarang

21 Juni 2024 22:11

Khofifah Serahkan 22 Rumah pada Warga Terdampak Longsor Ponorogo

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Gubernur Khofifah serahkan 22 rumah pada warga tedampak Longsor di Desa Talun Kec.Ngebel Ponorogo

matarajawali.net.-Surabaya
Sebanyak 22 unit rumah telah diserahkan oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa kepada masyarakat terdampak tanah longsor Gunung Banyon. Ya, yang berhak mendapatkan bantuan rumah itu adalah warga Desa Talun Kecamatan Ngebel Ponorogo yang berada di lereng Gunung Banyon. Karena rumah mereka yang berada di lereng gunung yang berpotensi longsor, akhirnya direlokasi ke tempat yang lebih aman dan masih di wilayah Desa Talun.

Tidak hanya 22 unit rumah, orang nomor satu di Jatim itu juga menyerahkan bantuan lainnya untuk warga terdampak tanah longsor tersebut. yakni kipas angin 22 unit, dan 71 ekor kambing. Untuk 22 unit rumah relokasi bencana tanah longsor itu, Gubernur Khofifah berharap warga bisa menempatinya dengan nyaman dan sejahtera di tempat yang baru.

“Apalagi sebentar lagi bulan Ramadan, semoga bisa menjalankan ibadah secara kusyuk,” ungkap Gubernur Khofifah Indar Parawansa, ditulis Minggu (12/03/2023).

Selain untuk keluarga terdampak, bantuan beasiswa juga diberikan kepada anak-anak warga yang dampak tanah longsor tersebut. Yakni beasiswa senilai Rp 500 ribu untuk siswa SD dan Rp 750 ribu untuk siswa SMP. Sementara untuk anak jenjang SMA mendapatkan beasiswa senilai Rp 1 juta. Pemberian beberapa bantuan dari gubernur itu, dipusatkan di Balai Desa Talun.

“Khusus pelajar yang menerima beasiswa, saya minta diperhatikan dan belajar yang rajin supaya bisa bermanfaat untuk sesama,” tutur Gubernur Khofifah.

Tidak selesai sampai disitu, dalam kesempatan itu Khofifah juga menyerahkan 50 zakat produktif dari Baznas Jatim. Zakat produktif diberikan kepada masyarakat Desa Talun. Dia mengatakan bahwa zakat produktif yang disalurkan, merupakan zakat yang dikelola secara produktif dengan harapan para penerimanya mampu menghasilkan sesuatu dan berdaya.

“Kami harap dana zakat yang diberikan dikembangkan untuk membuka usaha yang mampu memenuhi kebutuhan hidup dan tidak dihabiskan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif,” jelasnya.

Sementara itu Sri Utami, salah satu warga terdampak tanah longsor Gunung Banyon menyampaikan rasa terimakasihnya terhadap Gubernur Khofifah. Dengan bantuan hunian tetap ini, dirinya dan keluarga tidak lagi was-was. Sebab, saat hujan itu dirinya merasa khawatir akan terjadi bencana lagi.

“Alhamdulillah, lokasi hunian tetap (huntap) dalam keadaannya aman,” katanya.

Senada dengan warga terdampak, Bupati Sugiri Sancoko juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Gubernur Khofifah. Dia berharap bantuan yang diberikan kepada warganya bisa bermanfaat.

“Berkat bantuan Panjenengan (bu gubernur-red) relokasi warga sekarang sudah selesai, tinggal diresmikan, ditempati, mudah-mudahan ke depan warga yang pindah menjadi sejahtera,” pungkasnya.(ila/ad

No Tag
Matarajawali
Di Post : 21:36
Berita Serupa