Waktu Sekarang

23 Juni 2024 18:14

Bankesbangpol Kota Malang Gelar Acara Jambore Ormas “Pemantapan Dan Pemberdayaan Ormas” Di Kota Batu

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Foto : Drs.H. Sutiaji Walikota Malang Saat membuka Dan memberikan materi Pentingnya Pemberdayaan Ormas di Kota Malang

Rabu 22/2 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (kesbangpol) kota Malang melaksanakan kegiatan Jambore Organisasi Masyarakat (ormas) Kota Malang. Jambore kali ini Kesbangpol mengambil tema “Pemantapan  dan Pemberdayaan OrmasBerlokasi di Hotel Royal Orchid kota batu jambore ormas kota Malang ini dilaksanakan dalam dua hari satu malam.

Kegiatan jambore Ormas kota Malang dibuka langsung oleh walikota malang Drs.H. Sutiaji dalam sambutannya mengatakan ormas harus tetap berpegangteguh dan menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara. Tak kalah pentingnya walikota malang juga mengngatkan kembali tujuan di bentuknya ormas sesuai dengan Peraturan Pemerintah no 58 tahun 2019 organisasi masyarakat yang dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan aspirasi“tujuannya dibentuknya ormas itu karena adanya kesamaan aspirasi, kesamaan kehendak, kebutuhan dan visi” terang Sutiaji walikota Malang.

Drs.H. Sutiaji juga menerangkan jika fungsi dari Bankesbangpol adalah pembinaan penguatan pemberdayaan dan literasi Oramas. “fungsi dari bankesbangpol adalah pembinaan penguatan pemberdayaan dan literasi,kenapa karena ormas itu mempunyai tugas memberikan literasi kepada masyarakat dan juga informasi progaram pemerintah dan ormas itu sendiri, semakin kuat literasinya untuk di imbaskan kepada masyarakat” teraangnya.

Rinawati.MM selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Malang menerangkan dalam sambutannya tujuan dilaksanakan Jambore Ormas kaili ini, untuk penguatan kapasitas dan senergiritas kelembagaan ormas dan pemerintah derah.” berdasarkan Peraturan Pemerinta dan Peraturan Menteri Dalam Negeri tentunya tujuan dilaksanakan Jambore Ormas untuk penguatan kapasitas dan senergiritas kelembagaan ormas dan pemerintah derah.

Wanita berkacamata ini juga menambahkan dengan kehadiran ormas di tengah masyarakat merupakan langkah strategis sebagai mitra pemerintah daerah.”tujuan penyelenggaraan pada hari ini untuk pengutan kapasitas dan penguatan dan senergiritas kelembagaan ormas dan pemerintah daerah kehadiran Orrmas dalam komponen masyarakat merupakan potensi bagi kami yang peranannya dapat dioptimalkan dan menjadi mitra setrategi s pemeritah daerah” tambahnya.

Acara Jambore Ormas ini di ikuti oleh hampir 90% seluruh ormas yang ada di kota malang. Sedankam untuk randon acara Jambore ormas yang di laksanakan di kota Batu kali ini, Pembukaan Jamabore Ormas di buka langsung ileh Walikota malang Drs.H. Sutiaji, kemudian pembakalan materi-materi dari beberapa narasumber antara lain, dari Kejaksaan Kota malang, Bankesbangpol Provinsi Jawa timur dan dari akademisi. Untuk penutupan acara Jambore Ormas kali ini diisi kegiatan outbond senam dan geme yang dapat meningkatkan kekompokan dan kerjasama.(Jk)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 11:45
Berita Serupa