Waktu Sekarang

24 Juni 2024 10:01

Tekan Angka Stunting, Pemkot Batu Gelar Sosialisasi Isi Piringku

Kategori : ,

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

matarajawali.net; KotaBatu – Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Kesehatan Kota Batu terus berupaya untuk menurunkan angka stunting di Kota Batu. Salah satunya dengan sosialisasi Isi Piringku. Sosialisasi kali ini digelar bersamaan dengan Pelayanan Posyandu di Posyandu Durian, Desa Tulungrejo, Kota Batu, pada Selasa (7/2/2023)

Isi Piringku merupakan program bagi masyarakat dalam memahami bagaimana porsi makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Kepala Puskesmas Bumiaji, dr. Kartini Kristalina mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama ibu-ibu yang datang ke Posyandu Isi Piringku.

“Kali ini kita memberikan edukasi kepada Ibu-ibu yang datang ke Posyandu untuk memberikan porsi makan yang sesuai kepada anak, terutama tentang protein hewani”kata dr. Kartini.

Porsi Isi Piringku terdiri makanan pokok yakni sumber karbohidrat dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring. Lalu dilengkapi dengan lauk pauk dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring. Untuk setengah piring lainnya diisi dengan proporsi sayur-sayuran dengan porsi 2/3 dan buah-buahan dengan porsi 1/3.

Dr. Kartini menekankan bahwa protein hewani tidak harus dari bahan makanan yang mahal, tetapi banyak sekali sumber protein disekitar masyarakat yang bisa di konsumsi untuk melengkapi gizi pada makanan.

“Yang kita galakkan hari ini adalah protein hewani. Protein hewani tidak harus dari sesuatu yang mahal, tapi banyak disekitar kita yang bisa diolah, seperti lele dan telur” imbuh dr. Kartini.

Panduan makan sehat Isi Piringku tersebut tidak hanya membuat kenyang, tetapi juga memastikan tubuh sehat dan cukup gizi.

Ibu Balita Posyandu Durian, Nuril mengatakan, sosialisasi ini sangat bermanfaat, dikarenakan pada usia anaknya yang menginjak 17 bulan, Ia mulai kesusahan memberikan nutrisi makanan yang bisa diterima oleh anak.

“Tadi ada penyuluhan memberikan makanan bayi agar bayinya suka makan, nanti saya akan coba buat resep yang tadi ditunjukkan” kata Nuril.

Pemerintah Kota Batu berharap, dengan kegiatan sosialisasi Isi Piringku ini bisa meningkatkan gizi Balita di Kota Batu dan menurunkan angka stunting, sehingga anak dapat tumbuh sehat dan kuat (man)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 19:45
Berita Serupa