Waktu Sekarang

23 Juni 2024 18:51

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Pimpin Upacara  Serah Terima Kodal PPRC TNI Di Lanud Abd Saleh Kabupaten Malang

Kategori : ,

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. saat melakukan pengecekan pasukan upacara

matarajawali.net –KabMalang;  Senin (6/2) Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. memimpin secara langsung  jalannya upacara serah terima Pengalihan Komando dan Kendali Pasukan Pemukul Reaksi Cepat TNI ( Kodal PPRC TNI) tahun anggaran 2023-2025 yang dilaksanakan di Taxiway Skadron Udara 32, Lanud Abd. Salleh.

Upacara Pengalihan Komando dan Kendali PPRC TNI ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali dan periode kali ini (2023-2025) dilaksanakan dari Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P. beralih ke Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han).

PPRC TNI adalah badan pelaksana pusat TNI di bawah langsung Panglima TNI yang bertugas melaksanakan tindakan cepat terhadap ancaman nyata bersenjata selama-lamanya tujuh hari di wilayah darat NKRI dalam rangka menangkal, menyanggah awal, atau menghancurkan lawan.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam sesi wawancara dengan awak media

Dalam tugas nya PPRC TNI berlandas kan pada asas militer selain perang dan OMSP. Berangkat dari dasar tersebut kekuatan PPRC TNI dapat digunakan untuk mengatasi berbagai ancaman antara lain gerakan separatis, pemberontakan bersenjata, aksi terorisme, pelanggaran di wilayah perbatasan, ancaman terhadap obyek vital nasional strategis dan ancaman pembajakan, perombakan, serta penyelundupan.

Panglima TNI berpesan, “PPRC TNI merupakan wujud nyata sinergi dan kolaborasi tree matra terpadu sesuai dengan program prioritas saya selaku panglima TNI, saya ingin konsep gabungan seperti ini semakin diperkuat. PPRC TNI sebagai satuan penindak awal yang mampu di proyeksikan dalam waktu yang relatif singkat ke sasaran di seluruh wilayah Indonesia harus dilatih, disiapkan, dan dilengkapi dengan baik sehingga PPRC TNI selalu berada pada kondisi siaga operasional,” pesannya.

“Pada kurun waktu tahun 2021-2023 PPRC TNI telah dapat melaksanakan tugas dengan baik, untuk itu selaku Panglima TNI saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad selaku Komandan PPRC TNI yang lama beserta seluruh jajarannya. Kepada Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad selaku Komandan PPRC TNI yang baru beserta seluruh jajarannya saya ucapkan selamat bertugas. Ingatlah bahwa tugas yang diberikan kepada para prajurit sekalian merupakan kepercayaan dan kehormatan yang diberikan negara dan bangsa Indonesia,” tambah jendral bintang  4 dipundak ini.

 

 

 

 

No Tag
Matarajawali
Di Post : 20:43
Berita Serupa