Waktu Sekarang

24 Juni 2024 11:29

Desa Sumberkolak gelar pelatihan Linmas, wujud kembalinya kearifan lokal

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Desa Sumberkolak menggelar Pelatihan Dasar bagi Linmas selama dua hari mulai tanggal 19 Nopember 2022 sampai 20 Nopember 2022, dimana kegiatan tersebut dilaksanakan di balai desa sumberkolak. Adapun pelatih dari kegiatan dimaksud adalah Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta dukungan dari Korp Pelatih Pramuka Situbondo.

Materi yang diajarkan yakni Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

“Pelatihan dimaksudkan untuk kesiapan Linmas bersama-sama TNI Polri melaksanakan pengamanan di desa,“ tutur kades sumberkolak Supandi. Selain itu Jika di masing masing lingkungan sudah ada Linmas nya, maka kearifan lokal akan tercipta, sistem keamanan lingkungan yang sudah diatur sedemikian rua oleh nenek moyang kita itu akan berlaku kembali, pungkasnya.

Selain itu, Materi yang diberikan kepada peserta mulai dari Dasar dasar Kepemimpinan, Pengetahuan tentang Linmas, Pengaturan Lalu Lintas, PBB (Peraturan Baris Berbaris). Selain itu ada giat Hely Rapling, Rayap Tali dan ketangkasan lainnya yang tujuannya untuk meningkatkan kedisiplinan, sikap dan mental sehingga bisa mendukung tugas Linmas dalam pelaksanaan pengamanan.

“Latihan tidak sekedar teori saja namun juga praktek untuk meningkatkan kemampuan Linmas berkaitan dengan baris berbaris,“ jelas supandi.

“Satu regu linmas yang dapat pelatihan di balai desa sumberkolak diharapkan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat yang ada di desa sumberkolak dalam pengamanan.

Sebagai penyemangat bagi para peserta yang mengikuti pelatihan bahwa mendapatkan fasilitas berupa Seragam Linmas lengkap, Sepatu linmas,..ujarnya(sup)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 09:26
Berita Serupa