Waktu Sekarang

21 Juni 2024 22:24

Mepermudah Distribusi Hasil Bumi Lewat Pembangunan Jalan Usaha Tani

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

matarajawali.net-Situbondo; Masyarakat Desa Kotakan Kecamatan Situbondo kini bisa menikmati jalur transportasi yang nyaman, yakni Jalan Usaha Tani (JUT) Kotakan Dusun cangkring Infrastruktur tersebut berupa pemadatan jalan sepanjang 100 meter x 3 meter didusun cangkring yg dibangun dengan dana Bantuan Pemerintah tahun 2022 sebesar Rp. 140 juta.

Hal ini Ketua kelompok tani atip, menjelaskan pembangunan JUT sangat bermanfaat bagi kelangsungan usaha tani di wilayah Desa Kotakan
dengan hasil bumi lainnya.

Dan yang pasti jalan ini akan memangkas waktu dan biaya usaha tani. Petani dengan mudah bisa melangsir hasil panen ke jalan raya untuk segera diangkut ke pasar,diharapkan dengan adanya jalan tersebut, biaya produksi berkurang,bongkar muat barang yang sebelumnya diakukan dengan tenaga manusia, kini digantikan kendaraan,” ujar atip saat mendampingi koordinator teknis(27/10/2022).

Ditambahkan, selama ini petani merasa kesulitan untuk mengangkut hasil bumi, karena kondisi jalan yang tidak bagus dan licin nipa musim penghujan Di sisi lain, petani tidak mungkin menaikkan harga jual terlalu tinggi sebagai kompensasi atas adanya biaya transportasi,hal tersebut menjadi salah satu penghambat kemajuan bagi para petani di Desa kotakan.

“Tahun 2022 ini petani Desa Kotakan khususnya bisa sedikit bernafas lega dengan dibangunnya jalan yang menembus area perkebunan dengan komoditas tebu,kacang atau pesawahan. Warga dan anggota kelompok tani pun merelakan lahan pertaniannya demi pembangunan jalan yang sangat ditunggu-tunggu tersebut,” jelasnya,atip salah satu seorang petani setempat mengaku sangat bersyukur..

“Dulu, jalan ini untuk lewat saja susah. Licin, gelap dan terkesan seram. Sekarang sudah enak,warga dan anggota Kelompok Tani untuk menjaga jalan ini dengan baik,” ujarnya.

Ditempat terpisah jumari selaku suplayer dan tenaa ahli kegiatan tersebut berharap kerja sama warga desa Kotakan yang turut membangun infrastruktur jalan tersebut.

Menurutnya, dengan pembangunan proyek fisik secara swakelola dan padat karya dapat melatih kemandirian warga sekaligus menumbuhkan rasa memiliki di hati warga.

Paa saat perbaikan juga dihadiri jajaran dinas pertanian kelokasi pembuatanpengerjaan pengerasan jalan tersebut beserta tim monitoring,serta menghimbau agar jalan tersebut bisa bermanfaat kedepannya,Dan diSaat monitoring tim dari dinas pertanian.(sup)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 16:52
Berita Serupa