Waktu Sekarang

23 Juni 2024 19:13

Komunitas Sketsa Teras Gambar dan Sket Ndek Kene Pamer Karya

Kategori :

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Matarajawali.Net – Di tengah kurangnya apresiasi masyarakat terhadap karya seni rupa seakan mendapat penyegaran dari geliat karya para pemuda yang tergabung dalam komunitas Teras Gambar dan Sket Ndek Kene yang menggelar pameran proses sketsa mereka dengan mengusung tema “Urek-Urek Orek Orek”

Pameran yang dilaksanakan di Semeru Art Gallery, Jalan Semeru 14, Oro-Oro Dowo, Klojen, Kota Malang ini menampilkan 50 karya dari 25 sketser yang sudah tergabung dalam komunitas, Kegiatan dimulai sejak Minggu (27/03/2022) hingga Kamis (31/03/2022)

Maruto Septriono, salah satu pembimbing dari para sketser (28/3/22) mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini sebenarnya adalah untuk pertemanan dan saling respek saling peduli satu dengan lainnya karena menurutnya itu yang paling penting.

Dia mengatakan bahwa peserta dari kegiatan ini sangat beragam tidak ada batasan usia seperti peserta paling muda,Sinatra,usianya masih 7 tahun. Sketsa yang ditampilkan adalah hasil sketsa 5 menit hingga 7 menit ada juga beberapa sketsa hasil dari bersama, Satu orang akan menggambar satu obyek dan dilanjutkan oleh orang berikutnya Tujuannya adalah melihat bagaimana seseorang bisa peka dengan hasil karya orang lain

“Sket Ndek Kene dan Teras Gambar punya metode yang berbeda tetapi dengan adanya kantong-kantong kecil untuk seni seperti ini sangat menolong karena tidak banyak orang yang punya bakat seni. Berkilo-kilo meter baru ada orang yang memiliki bakat seni kemudian Bagaimana mereka bertemu dengan habitatnya. Intinya hanya saling belajar,berbagi serta berteman” kata Maruto dalam sesi wawancara dengan Matarajawali.net.

Maruto menambahkan acara ini digelar non budget, Mereka yang tergabung dalam komunitas ini mengumpulkan dana secara swadaya tanpa ada sponsor “Dananya dari swadaya teman-teman yang tergabung di sini” imbuhnya

Diawali dengan penampilan dari Semeru Art Gallery oleh Ajeng, lalu dilanjutkan oleh penampilan dari Komsen 69 sebuah Komunitas Seni di Universitas Merdeka maka acara secara resmi dibuka.

Salah satu peserta, Risky Arga menceritakan bahwa sudah sering ikut kegiatan sket sejak 2015, Dia mengatakan bahwa kegiatan menggambar merupakan kegemarannya “Kalau saya sendiri harapannya mengikut kegiatan adalah untuk menumbuhkan kepercayaan diri dalam berkarya. Dengan diadakannya acara seperti ini dan tidak hanya di sini tapi di beberapa lokasi lainnya akan bisa memperbaiki ekosistem visual di Kota Malang, Kalau ekosistem membaik pasti berpengaruh memperbaiki taraf hidup senimannya” tuturnya. (dewa)

No Tag
Matarajawali
Di Post : 17:00
Berita Serupa